TUGAS 4: MENDELEY

Pengertian Mendeley
Mendeley adalah aplikasi yang membantu kamu dalam penyisipan, penulisan dan pemformatan sitase atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sitase. Mendeley merupakan salah satu perangkat lunak manajemen referensi berbasis open source yang dapat diperoleh secara gratis dan mendukung berbagai platform seperti Microsoft Windows, Apple MacOS, maupun Linux. Versi terbaru dari Mendeley bahkan sudah mendukung sistem operasi Android, sehingga perangkat ini dapat digunakan pada ponsel. Mendeley merupakan kombinasi dari aplikasi desktop dan situs web yang dapat digunakan untuk mengelola, berbagi, dan mencari referensi maupun kontak.

Tata Cara Penggunaan Software Aplikasi Mendeley
  1. Buat akun di situs Mendeley, dengan cara mengunjungi situs www.mendeley.com setelah itu silahkan anda Sign Up
  2. Unduh Software aplikasi Mendeley pada situs tersebut dan instal
  3. Buka email anda yang digunakan saat registrasi akun di mendeley, bertujuan untuk melakukan verifikasi
  4. Jalankan aplikasi, dan mulai membuat library dengan cara mengunduh artikel, jurnal dari beberapa sumber seperti Digilib its, Digilib itb, atau sumber yang lainnya.
  5. Validasi metadata, artikel/jurnal yang sudah didapat perlu di validasi untuk memastikan sumber yang didapatkan benar sesuai dengan penulis. Cara validasi adalah dengan melakukan klik Details are correct.
  6. Selanjutnya, agar dapat membuat daftar referensi melalui Microsoft Office Word dengan menggunakan Mendeley, dibutuhkan instalasi plugin Mendeley. Dengan cara klik menu Tools pada aplikasi Mendeley, pilih Install MS Word Plugin.
  7. Untuk dapat membuat kutipan di Aplikasi Microsft Office Word, langkah yang dilakukan adalah dengan cara klik menu References pada Microsoft Office Word, pilih Insert Citation.
  8. Kemudian mengenai pembuatan Daftar Referensi pada akhir penulisan Microsoft Office Word dapat dilakukan dengan cara klik menu References, pilih Insert Bibliography maka secara otomatis akan terbuat Daftar Pustaka
  9. Sedangkan jika ingin merubah style Bibliography ke style yang lain, langkah yang dilakukan dengan cara klik References, pilih Style dan sesuaikan dengan gaya yang dikehendaki. Secara otomatis akan berganti style Daftar Pustaka

Berikut ini saya tampilkan profil dan software aplikasi mendeley yang sudah saya install:







Keunggulan – Keunggulan Aplikasi Mendeley:
1. Karya ilmiah yang diupload dalam Mendeley secara otomatis penulisan
daftar pustaka akan diurutkan berdasarkan nama penulis,tahun,judul buku,kota penerbit, dan penerbit.

2. Dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal namun disemua jurnal/buku/program yang mengandung tulisan yang dicari.
3. Setiap file yang ditambahkan dalam aplikasi Mendeley dapat diketahui detailnya secara otomatis dan lengkap tanpa harus kita tambahkan sendiri. Detail tersebut berisi tipe file,judul,penulis,tahun,volume,halaman,abstrak,url asal,dsb. Selain itu detail pada file dapat kita edit sesuai keinginan.

4. Terhubung secara online langsung dengan website, maka yang memiliki akun pada aplikasi Mendeley diinternet dapat disinkronkan dengan file yang ada dalam komputer dan dapat diakses kapanpun serta dimanapun berada asalkan terkoneksi dengan internet.
5. Adanya fasilitas web importe,r kita dapat menambahkan file ke Mendeley tanpa mengunduh file terlebih dahulu.





Link Jurnal

Bahasa Inggris :

http://www.ef.uns.ac.rs/mis/archive-pdf/2012%20-%20No1/MIS2012-1-1.pdf

Bahasa Indonesia : http://www.tsm.ac.id/MB/MB.4.1.Maret.2012/Pengaruh%20Brand%20Image%20dan%20Product%20Knowledge%20terhadap%20Purchase%20Intention%20-Kasus%20Kosmetik%20Merk%20X-.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERHITUNGAN HARGA POKOK DAN LAPORAN LABA RUGI JASA FOTOCOPY PADA RIZKY TIRTA MULTIMEDIA

FLOWCHART PEMESANAN MAKANAN DI WARUNG AYAM PENYET MARGO

#upapsi1UAS Jawaban No.1 Bisnis Proses Flowchart Rumah Makan Roti Bakar Eddy